Loading Website

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Sering kita mendengar kata akut, apa sebenarnya arti dari kata yang satu itu?
Berikut penjelassanya:

AKUT adalah istilah yang menggambarkan suatu kondisi atau penyakit yang terjadi secara tiba-tiba. Biasanya terjadi dalam waktu singkat dan menunjukkan gangguan yang serius, serta membutuhkan penanganan secara cepat. Contoh penyakitnya seperti, diare akut, glaukoma, atau leukimia akut.

Dalam istilah lain juga dapat diartikan sebagari berikut:
Penyakit akut dapat diartikan sebagai penyakit yang terjadi dan menimbulkan keluhan secara mendadak. Biasanya, penyakit yang diderita tidaklah lama, cepat mengalami perkembangan, dan membutuhkan perawatan yang mendesak.
Berikut ini adalah beberapa contoh dari penyakit akut:
  1. Serangan Asma
Serangan asma merupakan gejala asma yang memburuk secara mendadak yang ditandai dengan sesak napas, napas berbunyi atau mengi, otot leher dan dada yang mengencang, wajah pucat, berkeringat, perasaan cemas, panik, dan batuk-batuk akibat penyempitan otot di sekitar saluran napas atau bronkial. Selama serangan asma terjadi, lapisan saluran pernapasan akan mengalami pembengkakan, meradang, dan produksi lendir berlebih.
Serangan Asma

Agar terhindar dari serangan asma ini, penting untuk menghindari faktor pemicunya. Jika serangan asma terjadi, lakukanlah pertolongan pertama pada asma, tenangkan diri, kemudian duduk dan ambil napas pelan-pelan, gunakanlah inhaler atau nebulizer agar serangan asma yang diderita dapat ditangani dengan baik, Namun, bila keluhan tidak kunjung membaik atau sesak dirasa cukup berat, segeralah cari pertolongan medis terdekat.
  1. Demam Berdarah
Demam berdarah merupakan salah satu penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue. Gejala demam berdarah umumnya berupa demam yang disertai dengan nyeri sendi dan otot yang parah, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, lemas dan munculnya ruam kemerahan. Bagi Anda yang mengalami tanda dan gejala demam berdarah, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar diagnosa penyakit ini dapat diketahui dengan cepat. Sebab, jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, penyakit ini bisa saja mengancam jiwa.
Demam Berdarah

Untuk mendeteksi penyakit demam berdarah, selain dilakukan pemeriksaan fisik, akan dilakukan pemeriksaan darah. Penanganan pasien demam berdarah antara lain dengan isitrahat yang cukup, serta mengonsumsi banyak cairan untuk menghindari dehidrasi karena muntah ataupun demam tinggi. Konsumsi obat pereda rasa sakit seperti aspirin atau obat antiinflamsi nonsteroid dan perawatan di rumah sakit, mungkin juga akan direkomendasikan.
Dan masih banyak lagi contoh lainya tentunya. 

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: